
Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) salah satu tantangan yang dihadapi oleh guru adalah bagaimana menjabarkan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi tujuan pembelajaran. Jika pada Kurikulum 2013 sebelumnya, untuk merumuskan tujuan pembelajaran guru mengacu pada kompetensi dasar yang telah dirumuskan lebih spesifik dan lebih operasional diterapkan di setiap jenjang kelas. Namun pada kurikulum merdeka saat ini, tujuan pembelajaran dirumuskan dengan mengacu pada capaian pembelajaran yang sifatnya general dan ditargetkan per fase (2-3 tahun). Capaian pembelajaran disusun oleh pemerintah dan terstandarisasi, namun belum operasional atau tidak bisa langsung digunakan di kelas. Sehingga perlu diturunkan menjadi tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran. Berikut lima tips merumuskan tujuan pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran.
- Pahami Secara Utuh Capaian Pembelajaran
Capaian pembelajaran merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap fase. Setiap guru harus membaca dan memahami capaian pembelajaran secara utuh agar dapat memahami perannya dalam mengembangkan kompetensi peserta didik. Beberapa hal yang harus dipahami dari capaian pembelajaran antara lain: rasional mata pelajaran, tujuan mata pelajaran, karakteristik mata pelajaran, dan capaian pembelajaran setiap elemen. Keempat hal tersebut setiap mata pelajaran deskripsinya berbeda-beda.
Rasional mata pelajaran menjelaskan tentang pentingnya mempelajari mata pelajaran dan keterkaitannya dengan profil pelajar Pancasila. Tujuan mata pelajaran menjelaskan tentang kemampuan yang dicapai setelah mempelajari mata pelajaran tertentu selama pendidikan dasar dan menengah. Karakteristik mata pelajaran berisi tentang penjelasan umum apa yang dipelajari dan domain-domain mata pelajaran (elemen). Capaian pembelajaran setiap mata pelajaran dituliskan dalam bentuk paragraf sesuai elemen dan fasenya.
2. Memilah “Paragraf” CP Menjadi “Kalimat”.
Setelah memahami secara utuh tentang capaian pembelajaran, langkah selanjutnya adalah memilah paragraf capaian pembelajaran menjadi kalimat. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam menjabarkan menjadi tujuan pembelajaran. Berikut contoh memilah CP pada mata pelajaran matematika fase D elemen Pengukuran:
Capaian pembelajaran:
Di akhir fase D peserta didik dapat menjelaskan cara untuk menentukan luas lingkaran dan menyelesaikan masalah yang terkait. Mereka dapat menjelaskan cara untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang (prisma, tabung, bola, limas dan kerucut) dan menyelesaikan masalah yang terkait. Mereka dapat menjelaskan pengaruh perubahan secara proporsional dari bangun datar dan bangun ruang terhadap ukuran panjang, besar sudut, luas, dan/atau volume.
Memilah CP:
- peserta didik dapat menjelaskan cara untuk menentukan luas lingkaran dan menyelesaikan masalah yang terkait.
- Mereka dapat menjelaskan cara untuk menentukan luas permukaan dan volume bangun ruang (prisma, tabung, bola, limas dan kerucut) dan menyelesaikan masalah yang terkait.
- Mereka dapat menjelaskan pengaruh perubahan secara proporsional dari bangun datar dan bangun ruang terhadap ukuran panjang, besar sudut, luas, dan/atau volume.
Pada elemen pengukuran tersebut, capaian pembejaran dipilah menjadi tiga kalimat. Dengan memahami kalimat per kalimat, harapannya akan memudahkan pendidik untuk memahami dan memetakan capaian pembelajaran tersebut.
3. Identifikasi Kompetensi dan Konten Materi.
Dari kalimat-kalimat capaian pembelajaran tersebut, selanjutnya akan diidentifikasi komponen yang terkandung disetiap kalimat, yaitu kompetensi dan konten materi. Kompetensi adalah kemampuan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat didemontrasikan oleh peserta didik. Sedangkan konten materi adalah ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami oleh peserta didik. Pada contoh di atas dapat diidentifikasi sebagai berikut:
Kompetensi yang akan dicapai antara lain: menjelaskan cara untuk menentukan… , menyelesaikan masalah yang terkait… , dan menjelaskan …. Sedangkan yang merupakan konten materi antara lain: Luas lingkaran, luas permukaan dan volume bangun ruang, serta pengaruh perubahan secara proporsional dari bangun datar …. Dengan mengetahui kompetensi dan konten materinya harapannya guru akan lebih mudah lagi untuk merumuskan tujuan pembelajaran. (Bersambung)
Dua tips berikutnya silahkan simak terus di kabarinspirasi.id